Selasa, 04 Agustus 2015

Filled Under: , , ,

Distanak Natuna Optimalkan Potensi Biogas

20.09

Natuna (Antara Kepri)- Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Natuna tengah berupaya untuk mengoptimalkan potensi ternak sapi, untuk dikembangkan sebagai pembangkit energi biogas. Hal itu ungkapkan oleh Kabid Peternakan Distanak Natuna, Drh. Taufik Ismail.

Taufik mengatakan, jumlah sapi dari peternakan rakyat saat ini berjumlah sekitar 8.581 ekor, yang tersebar di wilayah Kecamatan Bunguran Utara, Bunguran Selatan, Bunguran Timur dan Bunguran Tengah.

"Daerah kita banyak sapinya, sayang kalau tak dimaksimalkan oleh pemerintah. Dari data yang kita himpun, ada sekitar 8.581 ekor yang tersebar di beberapa daerah," katanya.

Di Natuna sendiri kata Taufik, sudah memiliki 6 unit instalasi biogas yang tersebar di beberapa lokasi. Untuk kapasitas bak 5 kubik, terketak di Desa Tapau, Kecamatan Bunguran Tengah, sedangkan kapasitas 4 meter kubik terletak di Sedarat Baru, Air Lengit, dan Kelurahan Ranai Darat, Kecamatan bunguran Timur," jelasnya.

Dalam waktu dekat ini tambah Taufik, bakal ada tambahan 4 unit bak lagi, dengan kapasitas pengolahan 7 meter kubik, yang akan diperuntukan bagi masyarakat atau kelompok peternak yang sudah memenuhi persyaratan sebagaimana yang sudah ditetapkan.

"Yang akan mendapat bantuan ini adalah masyarakat atau kelompok yang telah memenuhi syarat, pertama populasi sapinya banyak, dan sanggup mengelolanya secara mandiri, dan terakhir, layak secara teknis dan amanah," ujarnya lagi.

Bagi masyarakat atau kelompok yang punya potensi dan memiliki banyak ternak sapi kata Taufik, akan dijadikan skala prioritas utama.

"Masyarakat atau kelompok yang memiliki banyak ternak sapi, akan menjadi prioritas untuk menerima bantuan ini dari pemerintah," katanya.

Menurutnya, Distanak Natuna akan menggalakkan penggunaan biogas bagi masyarakat teruatama bagi peternak sapi. Selain bisa dimanfaatkan untuk memasak, juga bisa dipergunakan sebagai pengganti minyak lampu.

"Biogas ini bisa dijadikan sebagai multi fungsi, selain bisa untuk memasak, juga bisa untuk pengganti minyak lampu," pungkasnya.

Sumber Berita :
www.antarakepri.com/berita/29828/distanak-natuna-optimalkan-potensi-biogas
Sumber Gambar :
suratrakyat.com/wp-content/uploads/2014/11/27.jpg

0 komentar:

Posting Komentar